Jumat, 19 April 2013

Annyeong ^^
Untuk jumpa pertama,saya bakalan ngepost fakta Super Junior awal debut sampai sekarang.Untuk ELF kudu hafal nih.Hoho ..
Langsung saja,jja cekkidot!


SUPER JUNIOR sebelumnya di kenal sebagai SUPER JUNIOR 05dan merupakan sebuah Project group bukan grup boyband resmi.

PROFIL SUPER JUNIOR
Hangeul           :슈퍼주니어
Disingkat         : Suju
Debut : 6 November 2005 (12 anggota)
Label : SM Entertainment, Korea Selatan
Website : http://superjunior..smtow.com/
Fanclub : E.L.F (EverLasting Friend), terbentuk 2 juni 2006
Warna resmi fanclub : Pearl Sapphire Blue
Sub-Grup : *super junior K.R.Y (Kyuhyun, Ryeowook,, Yesung)
                     *super junior T (Leeteuk, HeeChul, Shindong, Kangin, Eunhyuk, Sungmin)
*super junior M (Hangeng, Zhoumi, Siwon, Donghae, Ryeowook, Kyuhyun,   Henry. kemudian berubah formasi pada tahun 2011 saat mereka merilis mini album “perfection”, dengan beranggotakan Zhoumy, Henry, Siwon, Donghae, Ryeowook, Kyuhyun, Eunhyuk, Sungmin)
                    *super junior Happy (Leeteuk, Yesung, Kangin, Shindong, Eunhyuk, Sungmin)




Di awal terbentuk, anggota super junior terdiri dari Leeteuk yang di daulat sebagai ketua atau Leeder grup, diikuti oleh anggota lainnya, heechul, hangeng, yesung, kangin, shindong, sungmin, eunhyuk, donghae, siwon, ryeowook dan kibum.

Hampir semua anggota super junior adalah orang korea, kecuali hangeng yang menjadi satu-satunya anggota dari negeri cina. Ia dcipilihdari 3.000 peserta audisi yang diadakan SM Entertainment, perusahaan label musik dan manajemen artis paling terkenal dan disegani di Korea Selatan, yang sampai sekarang menaungi Super Junior.

Seperti apa sih, cerita di balik Lahirnya Super Junior? Well…. lolos audisi bukan berarti bisa langsung debut dan terkenal, mereka bahkan nggak langsung di gabungkan dalam sebuah grup bernama SUPER JUNIOR. Bisa dibilang jalan para calon personel super junior ini untuk bisa debut sangatlah panjang. Masing-masing harus melalui program latihan atau training dalam rentang waktu cukup lama. Mereka nggak hanya dilatih kemampuan vocal, tapi juga dance dan keahlian-keahlian lain yang nantinya akan menjadi bekal mereka sebagai all around entertainer sejati. Jadi, jangan heran kalau kini super junior disebut-sebut sebagai grup dengan anggota yang multi-talented alias serba bisa!

Selama menjadi trainee, para calon bintang ini tentu saja nggak boleh menunjukkan kemunduran sedikitpun. Mereka dituntut untuk selalu memperlihatkan kemampuan yang semakin baik dari hari ke hari karena terus diasah. SM Entertainment sebagai perusahaan yang memupuk kemampuan para trainee, akan melihat potensi, bakat dan kesempatan yang ada dalam diri masing-masing trainee binaannya, sebelum akhirnya menentukan mereka sebagai penyanyi solo atau menggabungkan mereka dalam sebuah grup boyband/girlband.
Baru setelah itu. Para trainee ini memulai debutnya di industri musik Korea. Biasanya, saking banyaknya trainee yang dibina, trainee-trainee tersebut harus ekstra bersabar menunggu ‘giliran’ hingga perusahaan ‘mendebutkan’ mereka.

Penantian para trainee bervariasi, ada yang hanya menjadi trainee selama beberapa bulan, tapi ada juga yang harus menunggu bertahun-tahun sebelum akhirnya memulai karie di dunia showbiz Korea. Bisa dibayangkan, persaingan ketat bahkan sudah terjadi sejak mereka masih berstatus “trainee”. Cemerlangnya prestasi saat menjadi trainee bisa jadi adalah salah satu faktor yang membuat seorang trainee bisa cepat debut sebagai artis. Meski begitu, timing yang tepat dan kemampuan finansial perusahaan juga turut menjadi pertimbangan untuk mendebutkan seseorang atau beberapa artis baru dengan segala konsekuensi promosi dan strateginya. Tapi begitulah industri musik K-Pop, nggak ada yang serba instan. Semua melalui proses yang detail dan matang. Tidak terkecuali super junior!

Seperti sudah disebutkan, awalnya super junior terdiri dari 12 cowok keren, sebelum akhirnya kyuhyun, yang belakangan direkrut SM Entertainment, bergabung secara resmi pada 23 mei 2006. Kehadiran magnae-sebutan anggota termuda satu ini melengkapi kekuatan jumlah anggota boyband menjadi 13 orang. Hingga sekarang, Kyuhyun adalah salah satu dari vocalis untama super junior.

Super junior lahir dari pemikiran pendiri SM Entertaiment, Lee Soo Man. Perusahaannya adalah salah satu perusahaan label musik dan manajemen artis paling sukses di industri hiburan Korea Selatan. Sejak berdiri pada 14 februari 1995. SM Entertainment sudah mengorbitkan banyak penyanyi idola yang mendominasi dunia musik Korea, seperti H.O.T, Shinhwa, S.E.S, BOA, Fly to the, dan DBSK.
Mereka menciptakan banyak hits single dan berhasil menelurkan rekor penjualan album yang luar biasa. Jadi bukan hal aneh, setelah sukses mengorbitkan boyband DBSK di tahun 2003, berita tentang Lee Soo Man akan kembali menyiapkan boyband baru menjadi pembicaraan panas di kalangan peminat musik Korea.

Jauh sebelum super junior ditetapkan sebagai sebuah nama boyband resmi, mereka bahkan sudah memiliki fancafe atau alamat portal (website) yang dijadikan wadah fans boyband
Ini berkumpul di dunia maya. Fancafe ini dibuat awal super junior sebagai bentuk dukungan mereka kepada sang idola. Di alamat portal inilah, para fans bisa saling bertukar cerita dan berita tentang boyband kesayangan mereka tersebut. Salah satu alasan kenapa super junior sudah punya fans fanatik, bahkan jauh sebelum mereka debut, karena sebagian member-nya diketahui sudah menjadi trainee di SM Entertainment begitu lama. Proses training yang harus mereka jalani bahkan ada yang mendekati 6 tahun lamanya. Cukup untuk membuat penasaran dan menjadi topik pembicaraan hangat.

Bicara soal proses training yang begitu lama, nggak bisa lepas dari pertanyaan kapan anggota super junior direkrut SM Entertainment.
Leeteuk dan Eunhyuk adalah dua anggota pertama yang direkrut ditahun 2000 lewat SM’s Starlight Casting System di Seoul, Korea Selatan. Kemudian, di awal 2001, Lee Soo Man melebarkan sayapnya menuju negeri tirai bambu, Cina, untuk mencari talenta-talenta baru sebagai salah satu langkahnya merambah pasar musik asia. Dalam kontes pencarian bakat yang diadakan di Beijing, Lee Soo Man berhasil menemukan hangeng/Hankyung yang mengalahkan sekitar 3000 peserta kontes lainnya. Setelah itu, secara berturut-turut, ia berhasil menemukan Heechul, Yesung, Siwon, dan Kibum yang terpilih dari audisi SM Entertainment di Seoul. Sedangkan Kangin, Shindong, Sungmin, Donghae, dan Ryeowook terpilih dari kontes pencarian bakat dan kompetisi menyanyi..

Banyak hal yang membuat grup baru ini menjadi pembicaraan khalayak ramai. Apalagi setelah akhirnya pada awal tahun 2005, Lee Soo Man membenarkan juga kabar tentang grup boyband baru yang akan mengawali debut sekitar akhir  tahun. Lee Soo Man juga sempat menyebutkan kalau sebgian dari anggota grup ini terpilih karena pengalaman mereka yang sudah menjajal dunia hiburan sebelumnya. Termasuk pengalaman sebagai aktor, MC, model, juga DJ radio.

Sebelum debut, beredar rumor kalau boyband baru ini akan dinamai O.V.E.R atau “Obey the Voice for Each Rhythm” grup ini akan dijadikan pintu gerbang dari terciptanya bintang-bintang idola yang akan dikenal di seluruh Asia. Sebelum nama grup resmi di umumkan, usia muda anggota boyband saat mereka bergabung menjadi trainee, menyebabkan SM Entertainment lalu memanggil grup ini dengan nama “Junior”. Kemudian, menurut kabar lain, nama itu kembali berubah saat acara piknik trainee SM Entertainment. Kata “Super” kemudian ditambahkan hingga menjadi “Super Junior”. Itu karena ketika di tunjuk menghibur peserta piknik, anggota super junior mampu menunjukkan bakat yang luar biasa atau super.

Pada akhirnya, Super Junior 05 yang pertama kali mereka gunakan secara resmi. Sebenarnya, tambahan angka “05” terinspirasi dcari girlgroup Morning Musume dari Jepang, yang anggotanya terus berganti setiap tahun. Seperti Morning Musume, Super Junior 05 yang memulai debut di tahun 2005, rencananya akan mengalami perubahan anggota disetiap tahunnya, hingga grup ini kan terus menerus terlihat baru dan fresh dimata publik. Bakat dan keahlian anggota yang terus berganti, diharapkan bisa menambah daya pikat grup ini, selain juga untuk melengkapi kemampuan atau skill di antara sesama anggota grup.

SUPER JUNIOR atau lebih sering di singkat SUJU, pertama kali tampil di sebuah acara musik yang di siarkan stasiun TV Mnet Korea pada 11 September 2005. Pada kemunculan pertama ini, mereka menampilkan dance hip hop dari lagu “Take it to the Floor” milik B2K dan “Caught Up” yang dipopulerkan Usher. Sayangnya, penampilan pertama SUJU ini justru baru di tayangkan tahun berikutnya, tepatnya 16 Mei 2006.

Super junior memulai debutnya secara resmi di acara musik Inkigayo (popularsong) di stasiun TV SBS, 6 November 2005. Single pertama yang mereka promosikan berjudul “TWINS(Knock out)”. Lagu ini merupakan versi Korea dari lagu hits inggris milik grup hip hop Triple Eight, yang di aransemen ulang oleh penulis lagu SM Entertainment, Yoo Young Jin dan Yoo Han Jin, menjadi lagu dengan nuansa rock yang sangat kuat.

Album super junior 05 atau lebih di kenal dengan album TWINS mengacu pada judul single andalan mereka di album ini , akhirnya rilis pada 5 Desember 2005. Debut album pertama ini terjual 28.536 kopi di bulan pertama dan berhasil menduduki peringkat ketiga ditangga lagu selama Desember 2005. Cukup hebat untuk sebuah boyband baru di Korea. Sukses dengan album super junior 05 (twins). Mereka kemudianmengeluarkan single “Show Me Your Love” yang penjualannya mencapai angka 49.945 kopi dibulan yang sama. Single Shoe Me Your Love adalah kolaborasi antara SUJU dengan DBSK, boyband senior yang juga berada di bawah manajemen SM Entertainment.

Selesai dengan promo “TWINS” dan “Show Me Your Love”, super junior melanjutkan aktivitas bermusik mereka dengan meluncurkan single kedua berjudul “MIRACLE” pada 12 Pebruari 2006. Video klip lagu ini dibuat saat musim dingin. Saat proses syuting berlangsung, personel super junior hanya memakai pakaian tipis di tengah udara yang sangat dingin. Namun, anehnya mereka tetap berjingkra-jingkrak senang, sambil ngedance dan bernyanyi.

Single miracle berhasil masuk top chart di beberapa tangga lagu Korea. Dan setelah rilis di Thailand pada 21 Maret 2006, “Miracle” juga berhasil merajai tangga di negara seribu pagoda itu. Hal ini tentu saja membuat nama SUPER JUNIOR semakin menarik perhatian pecinta musik internasional.

Bulan Mei 2006, Kyuhyun resmi menjadi anggota ke-13 super junior, dan sejak saat itu pula proyek “bongkar pasang” personel yang awalnyaakan diberlakukan pada super junior ditinggalkan. Akhiran “05” pada nama “super junior” pun ditiadakan. Mulai saat itu hingga sekarang mereka dikenal sebagai SUPER JUNIOR. Dengan formasi baru ini mereka kemudian merilis single terbaru ditahun 2006 bertajuk “U”.

Single “U” dengan mudah bisa diunduh secara gratis lewat internet pada 25 Mei 2006 di portal resmi Super Junior. Sementara CD fisiknya dengan total tiga lagu baru bisa diperoleh setelah rilis tanggal 6 juni 2006. Hingga tahun 2007 single “U” berhasil mencapai angka penjualan lebih dari81.000 kopi. Single ini juga sempat menduduki posisi pertama didua acara musik top Korea selama lima minggu berturut-turut. Sebuah pencapaian luar biasa bagi sebuah boyband junior.

Setelah promo “U” berakhir, suju lalu merilis single “Danccing Out” pada 20 Juli 2006. Ini adalah single yang termasuk di dalam album “06 Summer SM Town”. Single ini juga mendapat dua penghargaan nggak lama sesudah dirilis.

Berbagai prestasi yang diperoleh super junior  selama tahun 2006 nggak membuat boyband Korea ini berhenti bekerja keras.walau bisa dibilang perjalanan yang harus dilalui tidaklah mulus, toh super junior tetap eksis di dunia hiburan Korea. Terbukti, setelah berhasil meluncurkan satu album, super junior kembali merilis album kedua ditahun 2007, yang mereka namai “Don,t Don”. Album ke dua ini dirilis 20 September 2007 di Korea Selatan. Proses pembuatan album ini bukannya tanpa hambatan. Setelah sebelumnya mengalami penundaan di akhir tahun 2006 karena kecelakaan yang di alami Heechul di bulan Agustus 2006, lalu disusul dengan kecelakaan yang melibatkan Leeteuk, Shindong, Eunhyuk, c dan juga Kyuhyun pada 19 April 2007, Album “Don’t Don” akhirnya bisa juga dinikmati fans setia suju.

Sebelum sebuah album atau single diluncurkan ke pasaran, perusahaan rekaman Korea Selatan biasanya akan mempromosikannya dengan membuat teaser berupa foto sang artis dan cuplikan video musiknya. Ini juga yang dilakukan SM Entertainment. Perusahaan agensi artis terbesar di Korea Selatan ini tidak lupa mengeluarkan teaser berupa foto-foto siluet misterius dari ketiga belas member super junior.
Foto-foto teaser ini tentu saja membuat fans semakin penasaran dengan konsep baru dari album terbaru Super Junior ini. Nggak hanya SM Entertainment, personel super juniornya sendiri ikut-ikutan “menggoda” rasa ingin tahu para fansnya. Salah satu contohnya Kangin yang memperlihatkan model rambut terbarunya diprogram radio yang bisa di saksikan secara live.

Tiga tahun setelah debut, mereka nggak bisa lagi dianggap sebagai boyband “jago kandang” yang hanya populer dan punya banyak fans di Korea saja. Sejak 2007, nama super junior mulai diperhitungkan di luar negri denga jumlah fans internasionalyang terus bertambah. Popularitas sangat terlihat terutuma di negara-negara Asia, seperti Thailand dan Cina. Di tahun 2008, super junior semakin melebarkan pengaruhnya ke negara-negara di luar Korea. Nggak Cuma jam terbang di luar Korea yang terus bertambah, super junior juga semakin giat meraih setiap kesempatan untuk mengembangkan karier dinegeri orang. Adanya super junior M yang lahir di tahun 2008 membuktikan hal itu. Super Junior M yang pada formasi awalnya beranggotakan Hangeng(leader), Siwon, Donghae, Ryeowook, dan Kyuhyun, serta tambahan dua member baru Zhoumi dan Henry juga bukti kesungguhan SM Entertainment agar super junior bisa lebih di kenal luas.

Super Junior M memang dikhususkan untuk pasar Cina dan negara-negara berbahasa Cina lainnya. Untuk menarik lebih banyak fans Cina, SM Entertainment dengan cerdik menambahkan personel, yang memiliki latar belakang atau keturunan Cina, Seperti Hangeng dan Zhoumi. Lirik lagu yang dibawakan super junior M pun semuanya berbahasa mandarin. Sesuai dengan konsep awal dari nama super junior M karena huruf “M”-nya sendiri adalah kependekan dari “Mandarin”.

Selain subgrup seuper junior M, tahun 2008 juga ditandai dengan kemunculan subgrup super junior lain, yaitu Super Junior Happy! Sesuai dengan namanya, super junior happy mengkhususkan diri pada genre lagu ceria, cocok untuk menambah keceriaan cdan semangat pendengarnya. Keberadaan super junior happy, semakin membuat ramai dan semarak musik Kpop.

Fans juga tidak perlu khawatir kehilangan sementara idolanya karena sebagian member super junior yang tergabung dalam super junior M saat itu sedang sibuk-sibuknya melakukan kegiatan promosi di Cina. Nyaris nggak ada jeda dalam agenda super junior sehingga para fans setia mereka ditanggung puas karena bisa terus mengikuti perkembangan boybandc fenomenal ini kapan pun cdan dimana pun.

Cukup banyak yang terjadi pada suju di tahun 2008, setelah hampir tiga tahun terbentuk, akhirnya super junior bisa memulai serangkaian tur konser Asia pertama mereka ditahun ini. Mereka menggelarnya di tiga negara dan singgah di enam kota. Lewat tur konser ini, super junior mulai meretas asa mereka untuk menjadi boyband Korea yang mampu mengukir prestasi cemerlang di luar negeri.

Bagaimana dengan ditahun 2009? Bisa dibilang 2009 adalah tahunnya super junior. Kembalinya super junior dengan album baru di tahun ini seperti reuni yang di tunggu-tunggu banyak fans mereka setelah ditahun sebelumnya super junior lebih banyak disibukkan dengan kegiatan subgrup super junior happy dan super junior M. Beberapa anggotanya bahkan ada yang sempat meninggalkan Korea dan menetap sementara di Beijing, Cina untuk melakukan serangkaian jadwal promosi yang padat.

Benar juga kata pepatah, semakin tinggi pohon semakin kencang pula anginnya. Hal ini tampaknya berlaku juga pada super junior. Popularitas super junior ditahun 2009 semakin menjulang saja dibanding tahun-tahun sebelumnya. Nggak hanya di Korea, tapi hingga ke negara-negara Asia lain, bahkan juga negara-negara dibenua Eropa. Namun, siapa sangka kalau ujian yang harus ditempuh seper junior juga tidak kalah hebatnya. Mulai dari keterlibatan Kangin dalam sebuah perkelahian, peristiwa tabrak lari yang dilakukannya, hingga Hangeng yang tiba-tiba menuntut SM Entertainment untuk menghentikan kontrak eksklusifnya selama 13 tahun dipenghujung tahun.

Terkait kasus tabrakan yang melibatkan Kangin, ia masih bisa bernapas lega karena tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Personel suju yang berpenampilan manly ini akhirnya hanya diminta membayar denda. Namun, berhubung Kangin adalah seorang public figure yang notabene diharapkan hidup tanpa cela, kejadian ini jelas telah membuat citranya menjadi buruk. Di Korea, sangat sulit bagi seorang artis membangun citranya kembali setelah melakukan kesalahan. Sungguh, hal ini nggak semudah membalikkan telapak tangan. Tidak sedikit artis harus mengundurkan diri terlebih dulu, setidaknya untuk sementara waktu sampai publik dirasakan bisa melupakan dan memaafkan kesalahan yang telah diperbuatnya. Parahnya, ada juga artis yang bahkan harus mundur total karena merasa tidak layak lagi menyandang status public figure.

Lain Kangin, lain pula Hangeng. Keputusannya memutuskan kontrak dengan SM Entertainment yang begitu tiba-tiba membuat syok, nggak hanya E.L.F, tapi juga member super junior sendiri. Kabarnya, Hangeng mengajukan tuntutan ini tanpa sepengetahuan pihak SM Entertainment maupun anggota super junior lainnya.

Walau cdiwarnai berbagai kasus tak sedap, di tahun 2009 pula super junior meraih pencapaian dan pengakuan sebagai sebuah grup boyband Korea papan atas. Super Junior nggak diragukan lagi adalah satu-satunya boyband Korea yang berada dibarisan depan menyebarkan “demam” hallyu wave diseluruh Asia bahkan dunia. Prestasi fenomenal yang diraih Super Junior, antara lain anugrah penghargaan album of the year 2009 dalam perlehatan Golden Disk Award-Grammy Award nya Korea, lagu-lagu yang menjadi hits di banyak Asia, sampai tiket konser yang selalu sold out disetiap negara yang mereka kunjungi. Semuanya adalah bukti kerja keras grup boyband ini hingga bisa berada diposisi mereka sekarang.

Tahun 2010 bisa diibaratkan awal untuk memulai kembali lembaran baru bagi super junior. Setelah berbagai masalah yang cukup menguras energi dan pikiran ditahun sebelumnya, tahun 2010 memberikan ruang dan harapan lebih besar bagi mereka untuk berkembang dengan menelurkan karya-karya baru, baik bagi member yang masih tergabung maupun yang sedang berusaha menemukan “jalannya” sendiri dan terlepas dari statusnya sebagai super junior. Kesibukan yang semakin “menjadi” ditahun 2010 adalah hasil dari jerih payah semua personel super junior, yang membuat mereka diakui, baik di dalam atau di luar Korea.

Tahun 2010 juga bisa dianggap sebagai antiklimaks dari berbagai persoalan yang mendera suju. Kangin dan Hangeng lepas dari kegiatan bersama super junior dan melanjutkan hidup dengan cara mereka masing-masing. Kangin memutuskan untuk membenahi diri sambil memenuhi kewajibannya sebagai pria Korea dengan menjalani wajib militer selama dua tahun. Wajib militer harus dijalani setiap laki-laki di Korea sebelum berumur 30 tahun. Lain lagi dengan Hangeng, sementara menunggu keputusan pengadilan Korea atas tuntutannya terhadap SM Entertainment, ia memutuskan comeback menyapa semua fans nya dengan mengeluarkan album solo pertama berbahasa Cina.

Super junior juga semakin aktif berinteraksi dengan fans mereka, nggak hanya di Korea tapi juga dibelahan dunia ini. Bagaimana caranya? Percaya atau nggak sebagian besar member super junior kini menjadi Twitter addict! Dengan bantuan twitter, super junior bisa semakin dekat dan tahu apa yang terjadi dan dilakukan para fansnya.
Bahkan belajar bahasa asing pun rasanya semakin mudah dengan banyaknya fans yang mengajari mereka. Hal yang sama berlaku bagi fansnya, E.L.F. sebelumnya, tidak mudah untuk berkomunikasi bahkan meninggalkan pesan untuk suju di website-website Korea.
Apalagi sebagian website itu biasanya memberikan syarat-syarat tertentu sebelum seseorang bisa dengan bebas “surfing” di dalamnya. Intinya, dibutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk mempelajari isi dari website-website karena sebagian besar penjelasannya ditulis dalam bahasa Korea, yang bukan merupakan bahasa universal. Twitter sepertinya menjadi berkah bagi fans super junior di tahun ini.

Selain bermusik, hampir semua member super junior juga disibukkan dengan kegiata-kegiatan di luar musik yang semakin padat. Mulai dari serial Drama TV dengan peran-peran yang semakin menantang, variety show dengan durasi tampil yang lebih banyak, drama musikal yang mulai dicicpi tidak hanya yesung dan sungmin, tapi juga kyuhyun dan ryeowook, DJ radio yang semakin mantap dikawal leeteuk, eunhyuk dan shindong juga comeback nya heechul ke meja siaran, SM Town World Tour dengan jadwal manggung hingga negara Eropa, belum lagi super show 3 dengan kota-kota tujuan yang semakin bertambah.

2011 adalah tahun keenam sejak boyband Korea super junior debut di dunia hiburan Korea dan Asia. Di tahun Keenam ini, Super junior mematahkan “kutukan” kalau sebuah boyband hanya akan bertahan selama lima tahun lalu bubar. Walau sudah enam tahun super junior malang-melintang di dunia musik dan hiburan, nggak pernah sekalipun fansnya merasa jenuh dengan boyband satu ini.

Reformasi subgrup super junior M sepeninggal Hangeng, debut drama Donghae dan Siwon di Taiwan, Ryeowook dengan debut drama musikalnya, hingga Heechul yang tiba-tiba memutuskan wajib militer, hanyalah segelintir kejuta-kejutan yang disuguhkan super junior ditahun 2011.

Source: Lia (@shfly34
Take with full credits!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar